Pengertian Organisasi Internasional dan Contohnya

Pada kesempatan ini saya akan menuliskan mengenai pengertian organisasi internasional dan juga berbagai macam contohnya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada saat ini ada banyak sekali organisasi-organisasi internasional yang ada didunia ini dengan visi dan tujuannya masing-masing. Sebagai negara yang berdaulat penuh dengan prinsip politik luar negerinya bebas aktif, Indonesia ikut berpartisipasi dalam berbagai macam organisasi internasional. Dan inilah pengertian organisasi internasional dan contohnya, silahkan disimak baik-baik informasinya berikut ini, cekidot:

 

Organisasi internasiol menurut Wikipedia adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atas dasar kesamaan yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia dalam tata hubungan internasional. Dari pengertian tersebut kita bisa ambil kesimpulan bahwa organisasi internasional dibentuk oleh beberapa negara (minimal 3 negara) dengan tujuan dan visi yang sama.

 

Indonesia merupakan negara yang aktif dalam berbagai organisasi internasional seperti misalnya ASEAN yang merupakan organisasi internasional untuk negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Selain itu ada juga PBB yang merupakan organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara didunia. Indonesia juga merupakan anggota dari APEC, OKI, G20, dan masih banyak lagi.

 

Nah mungkin hanya sekian penjelasan mengenai pengertian organisasi internasional dan contohnya, semoga bermanfaat untuk kamu para pembaca yang budiman.

Write a comment

Comments: 0